Minggu, 23 September 2018

author photo
Postingan pertama website https://www.ansorngabul.or.id/, 7 Agustus 2018. 
Ansorngabul.or.id - Sembilan hari pasca ikut PKD Ansor di Karimunjawa, sahabat Andy Yahya (34) terpilih sebagai Ketua Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Ranting Desa Ngabul, Tahunan, Jepara, menggantikan sahabat Teddy Al-Faruq yang sudah purna tugas terhitung mulai Selasa, 31 Juli 2018.

Sepekan setelah terpilih, Andy langsung gas membentuk tim publikasi berbentuk blog yang akhirnya diisi konten pertama pada Selasa, 7 Agustus 2018. Itulah awal pertama website Ansor Ngabul tayang di dunia maya. Ini postingan pertamanya: Terpilih Ketua Ansor Ranting Ngabul, Andy Yahya Minta Diganti Jika Begini.

Barulah pada dua pekan berikutnya blog Ansor Ngabul yang awalnya beralamat di www.ansorngabul.blogspot.co.id diganti domain (alamat website) premium ke link baru di https://www.ansorngabul.or.id/ pada Selasa, 21 Agustus 2018.

Biaya domain pertahunnya adalah Rp. 50.000,- ditambah pajak 10 persen. Hasil royokan donasi delapan anggota Ansor Ngabul (terkumpul Rp. 650.000,-) ternyata lebih dari cukup untuk perpanjangan alamat website hingga 10 tahun mendatang (2018-2028), sama dengan lima periode Ansor Ranting Ngabul berikutnya. Baca beritanya: Inilah Nama Donatur Website Resmi Ansor Ngabul Tahunan Jepara

Whois data dan umur website https://www.ansorngabul.or.id
Awalnya, nama domain yang dibeli adalah yang berakhiran ".com" (umum), tidak menggunakan "or.id" (khusus organisasi berlegal standing) seperti sekarang. Namun, karena harga sewa domain yang lebih murah, Ansor Ngabul akhirnya memilih domain dengan akhiran "or.id", sebagaimana website PC Ansor Jepara, yakni www.ansorjepara.or.id, yang sudah lebih dulu terbit, 10 Januari 2018.

Syarat untuk mendaftarkan domain berakhiran "or.id" adalah SK (Surat Keputusan) pengangkatan kepengurusan. Namun, karena GP Ansor Ngabul belum mendapatkan SK, dan baru dilantik resmi pada Senin malam (24/09/2018), SK Pengurus NU Ranting Ngabul pun dipinjam. Sahabat senior Ansor Masykuri pun membantu mengirim SK sehingga website Ansor Ngabul bisa langsung tayang dengan domain premium https://www.ansorngabul.or.id/

Visi dan Misi
Selain sebagai dokumentasi kegiatan GP Ansor Ngabul, website https://www.ansorngabul.or.id/ juga dimaksudkan sebagai publikasi pentingnya pemahaman Islam ahlussunnah wal jama'ah an-nahdliyyah yang sejalan dengan harakah ijtimiyyah (sosial), siyasiyyah (politik) dari Pimpinan Pusat GP Ansor dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Cara yang ditempuh adalah dengan memperbanyak konten website setiap saat yang kemudian disebar ke medsos dalam bentuk teks berita, artikel, esai, video (editing dan steraming), foto, grafis kreatif, broadcast (khusus WhatsApp) dan paling penting, pengaderan jurnalisme berbasis profetik ke-NU-an, ke-Aswaja-an dan ke-Nusantara-an kepada kader Ansor Ngabul khususnya.

Narasumber utama dalam konten berita adalah para habaib, kiai, santri, pengurus Ansor Ngabul, warga Ngabul dan juga tokoh-tokoh penting yang mau dijadikan sebagai sumber informasi dan berita untuk memperkaya konten dan lalu disebarkan oleh tim medsos tersendiri.

Konten soal berita lain yang hangat di Desa Ngabul juga turut diikuti oleh tim redaksi https://www.ansorngabul.or.id/. Nantinya menu khusus soal ke-Ngabul-an (informasi soal potensi sosioekonomi desa dan dinamika politik desa) akan dimuat secara insidental. Terutama terkait dengan isu yang sedang dikawal GP Ansor Ngabul Jepara. InsyaAllah.


Tentang Logo Website


Tidak ada yang istimewa dari pemilihan logo https://www.ansorngabul.or.id/ sejak dibuat. Tagline (jargon) pun tidak dibuat karena hakikatnya Ansor Ngabul mengikuti arus derap dan misi gerakan PC, PW dan PP GP Ansor, sebagaimana pengurus Ansor-Banser lainnya di seluruh Indonesia.

Hanya saja soal siluet logo sengaja dibuat berbeda, dimana secara impilisit hanya menunjukkan akronim dua huruf (A & N), dari kepanjangan (A)nsor (N)gabul. Dominan hijau karena logo resmi GP Ansor adalah hijau. Jadi, logo hanya berunsur artistik saja. Tidak ada unsur semantik ideologis di dalamnya. Netral.


Tampilan dan Menu Website
Lebih dari lima hari, tampilan website GP Ansor Ngabul akhirnya bisa dinikmati seperti sekarang. Hingga editorial ini dibuat, menu atau rubrik website https://www.ansorngabul.or.id/ setidaknya dibagi menjadi beberapa kategori. Antara lain:

  1. EDITORIAL: Postingan yang menyajikan pendapat terhadap terhadap suatu isu. Artikel ini mencerminkan suara mayoritas dari para dewan redaksi. Misal, klik judul: Terjadi Debat Autis antara Ansor Ngabul dan Anggota Jaulah di Tempat Ini
  2. BERITA: Berisi informasi baru tentang terutama yang berkaitan dengan agenda dan kegiatan Ansor Ngabul yang disajikan dengan lugas apa adanya (straight news), paling baru dan bernilai lebih (hard news) atau ringan (soft news). Contoh: Hindari Orang Mabuk, Sahabat Ansor Ngabul Kecelakaan
  3. PENGAJIAN: Kanal rubrik khusus yang memuat berita event pengajian-pengajian yang akan atau sudah digelar di wilayah Desa Ngabul dan sekitarnya, meluas ke seluruh Jepara. Misal berita berjudul: Haul Syeikh Abu Bakar Pulau Panjang, Kiai Harsono Singgung Sedekah Telur Angsa.  
  4. AGENDA: Berisi berita seputar kegiatan GP Ansor Ngabul, baik yang rutin maupun situasional. Lebih banyak dibuat dalam bentuk softnews. Contoh: Koordinasi Pengajian Gus Muwafiq, Ansor Ngabul Mohon Ijin ke Kapolres Jepara

Selain menu-menu di atas, konten Ansor Ngabul juga ada yang memuat berita ihwal 5.) Rijalul Ansor, 6). Lailatul Ijtima', 7). Foto, 8). Ansor Jepara, 9). Ekonomi, 10). Banser, 11). Pengkaderan, dan 12). Materi. Namun karena masih sedikit konten, uraian masing-masing rubrik tersebut tidak ditulis lebih detail.  

Adapun rubrik khusus yang memuat artikel, esai, dan lainnya, belum dibuat kanalnya mengingat belum ada konten yang memenuhi kriteria tersebut dan belum ada yang dimuat per 24 September 2018 ini, kecuali di bagian kanal artikel khusus rubrik Editorial.

Bagi yang penasaran tentang siapa saja yang tergabung dengan redaksi Ansorngabul.or.id, bisa cek di catatan kaki website. Selain susunan redaksi (Redaksi), di sana ada laman khusus tentang database postingan website (Sitemap), kontak ke redaksi (Kontak), dan infaq (Donasi).

Pembaca yang hendak membantu operasional redaksi Ansorngabul.or.id atau mendonasikan dananya untuk puluhan agenda Ansor Ngabul hingga periode tahun berakhir (2020) juga bisa dilakukan dengan cara pesan pasang iklan.

Space Iklan
Redaksi juga memberi ruang iklan khusus pembaca yang peduli agenda Ansor di beberapa ruang iklan. Soal harga bisa dikomunikasikan dengan redaksi https://www.ansorngabul.or.id/. Berikut rincian space iklan dan ukuran detail pixel nya:

  1. Header atas (ukuran 726 x 66 pixel)
  2. Sidebar kanan (ukuran 350 x 250px, ada dua space: atas dan bawah) 
  3. Tengah-tengan konten postingan (ukuran 250 x 250px)
  4. Di bawah konten postingan (ukuran 250 x 250px)
  5. Tengah halaman utama (ukuran bebas)

Desain bisa langsung dikirim ke email redaksi: ansorngabul@gmail.com atau dimintakan kepada redaksi untuk membuatnya, dengan biaya iklan tambahan tentunya. Berikut contoh desain sesuai ukuran space masing-masing:
Contoh desain iklan ukuran 726 x 66px (header atas)
Contoh iklan 350 x 250px (sidebar kanan, dua space, dan tengah halaman utama)
Contoh iklan 250 x 250px (tengah & bawah postingan) 
Langganan Ansorngabul.or.id
Soal berapa saja akun medsos website Ansor Ngabul ini, silakan cek langsung ke menu susunan redaksi (REDAKSI). Di sana ada link like, follow dan subscribe akun website https://www.ansorngabul.or.id/ di Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus dan juga Youtube lengkap dengan nama pengelolanya. Klik linknya, lalu ikuti agar istiqamah mendapatkan pemberitahuan di platform akun medsos masing-masing.

Untuk berlangganan postingan https://www.ansorngabul.or.id/, silakan isi email di bawah postingan ini, ikuti sampai selesai, lalu buka email Anda, konfirmasi link Feed-nya dari Google agar email yang didaftarkan aktif.

Jika sudah aktif, tiap hari bila ada postingan baru dari redaksi, pemilik email tersebut akan mendapatkan notifikasi (pemberitahuan langsung) dari Google, dan bisa dibuka dengan link dari https://feedburner.google.com. Selamat mencoba! (ansorngabul.or.id - ab)
Space Iklan

Ada 0 komentar


EmoticonEmoticon

Artikel selanjutnya Artikel sebelumnya
Artikel sebelumnya Posting sebelumnya

Space iklan