Gerakkan LazisNU, Ranting NU Lebak dan Bringin Studi ke Ngabul
Cari Judul Esai

Advertisement

Gerakkan LazisNU, Ranting NU Lebak dan Bringin Studi ke Ngabul

Ansor Ngabul
Sabtu, 30 April 2022

kunjungan nu ranting lebak ke lazisnu ngabul
Dari kiri: Nur Halim, Azaz Riyadi, Syukron Amin, Nidhomuddin dan Abdul Hamid saat bincang santai berbagi pengalaman mengelola LazisNU, di Enjang Kafe, Jumat (29/04/2022) malam. Foto: ansorngabul.or.id.


Ansorngabul.or.id - PRNU Ngabul menjadi rujukan terkait gerakan koin LazisNU di Jepara. Setidaknya, hal itu dibuktikan dengan kunjungan PRNU Lebak (Pakisaji) dan Bringin (Batealit) ke Ngabul, beberapa waktu lalu. 


PRNU Desa Lebak tertarik ngaji ke Ngabul setelah membaca Buletin Halaqah NU Ngabul yang rutin terbit setiap bulan melaporkan keuangan LazisNU Ngabul. Baca: LazisNU Ngabul Salurkan Bantuan Rp. 21 Juta Kepada 145 Guru Madin dan TPQ


Diwakili oleh Kiai Nidhomuddin (Rais Syuriah NU Lebak), Kiai Syukron Amin (Ketua NU Lebak) dan Ustadz Azaz Riyadi (Ketua LazisNU Lebak), NU Lebak bertemu LazisNU Ngabul di Enjang Kafe Ngabul, Jumat (29/04/2022) malam. 


Selama dua jam pertemuan, pihak Ngabul yang diwakili Kiai Nur Halim (Ketua NU), Maskuri (Ketua LazisNU) dan Abdul Hamid (Koord. PRT LazisNU) membeberkan pengalaman mengelola koin infaq NU yang sangat bermanfaat untuk program yang dijalankan selama ini. Beberapa program yang sudah di Ngabul antara lain: 


  1. Pengadaan ambulance serta operasionalnya,
  2. Santunan kematian,
  3. Bantuan rumah roboh,
  4. Bantuan kesehatan warga dengan pihak Essa Medica,
  5. BPJS nadhir masjid dan mushalla,
  6. Bantuan pembangunan masjid,
  7. Santunan biaya pendidikan siswa madrasah,
  8. Santunan sembako untuk dhuafa,
  9. Dana pendidikan khusus guru Madin dan TPQ,
  10. Bantuan tambahan modal unit usaha,
  11. Dan lain-lain. 


Semua program tersebut diperuntukkan untuk membantu warga Ngabul dalam aspek sosial, pendidikan, kesehatan dan ekonomi. "Selama dua tahun jalan, dana program LazisNU diambilkan penuh dari koin infaq yang dijalankan oleh LazisNU," ujar Nur Halim, Ketua NU Ngabul. 


Baca: [Perdana] NU Ngabul Gelar Halaqah Maudluiyyah Bertema Ramadhan


Menurut Maskuri, Ketua LazisNU Ngabul, kunci keberhasilan LazisNU ada di penghimpunan dana yang ujung tombaknya adalah relawan di tingkatan RT (PRT - Petugas RT). "Tanpa PRT, LazisNU tidak akan jalan," terangnya. (ansorngabul.or.id - ab