Buka Luwur Makam Datuk Jokosari Tahun 2022
Cari Judul Esai

Advertisement

Buka Luwur Makam Datuk Jokosari Tahun 2022

Ansor Ngabul
Jumat, 03 Juni 2022

agenda haul makam datuk jokosari ngabul
Suasana buka luwur Makam Datuk Jokosari Ngabul, Kamis (2 Juni 2022) malam. Foto: ansorngabul.or.id.

Ansorngabul.or.id - Baru di tahun 2022 ini agenda haul Datuk Jokosari Ngabul dilengkapi dengan rangkaian acara buka luwur makam setelah muqaddaman Al-Qur'an bersama seluruh warga Ngabul di lokasi makam. Demikian diungkapkan oleh panitia, Kamis (02/06/2022) malam. 


Selama ini, ungkap Abdullah Badri, ketua panitia haul, luwur diganti tapi tidak rutin. "Sesuai kesepakatan bersama, luwur makam kami ganti tetap dengan warna asalnya, putih," imbuhnya. 


Baca: Halal Bihalal, Petinggi Ngabul Sumbang 5 Juta ke Banser


Selain juru kunci makam (Arif), Petinggi Ngabul, Sholehan, juga ikut sebagai pihak yang hadir mengikuti khataman Al-Qur'an 30 juz (hingga 4 kali) dan buka luwur. Demikian pula dengan Kiai Nur Halim, Ketua NU Ngabul, yang juga ikut terlibat bersama ratusan orang lainnya. 


Meski hanya sebentar, momentum buka luwur cukup menyita perhatian hadirin. "Tradisi buka luwur akan ada setiap tahun jelang haul," papar Abdullah.


Setelah khataman Al-Qur'an, agenda haul puncak adalah pengajian umum, yang pada Jumat Kliwon, 3 Juni tahun 2022 ini menghadirkan penceramah KH. Harsono Ahmad Syaimuri, dari Mantingan, Tahunan, Jepara. 


contoh agenda haul makam waliyullah di jepara
Susunan acara khataman Al-Qur'an.


Sebelumnya, kelompok pemuda se Desa Ngabul juga dilibatkan dalam giat resik-resik makam yang sudah terlaksana pada Ahad, 29 Mei 2022. (ansorngabul.or.id)