Berikut Desain E-Money KTA GP Ansor Ngabul dan Manfaatnya

Berikut Desain E-Money KTA GP Ansor Ngabul dan Manfaatnya

Minggu, 23 September 2018, Minggu, September 23, 2018
manfaat kartu e money prepaid bni dan mandiri

Ansorngabul.or.id - E-Money adalah kartu yang fungsinya bisa dimanfaatkan sebagai penyimpanan nilai uang dalam bentuk elektronik sehingga menjadi alat bayar transaksional non tunai. Syarat mutlaknya ya memang harus diisi saldo.

Entah sudah ada yang mulai atau belum di kalangan sahabat Ansor di Jepara, namun inisiatif  untuk membuat Kartu Tanda Anggota (KTA) oleh GP Ansor Ngabul disambut positif oleh seluruh sahabat anggotanya. Alasan logisnya, KTA berbasis E-Money memang bisa dimanfaatkan sebagai dompet alternatif masing-masing anggota untuk banyak transaksi non tunai.

Oleh dunia perbankan, E-Money disebut dengan Electronic Cash, Digital Money, Digital Cash, Electronic Currency atau Digital Currency. Karena data KTA dalam bentuk kartu E-Money disimpan dalam chip khusus, para ahli kriptografi menyebut kartu E-Money sangat aman, sulit dibajak dan diretas.

Adapun E-Money KTA Ansor Ngabul Jepara yang dikerjasamakan dengan Bank Mandiri Jepara adalah jenis kartu prepaid card. Yakni jenis E-Money yang nilai rupiahnya sudah tersimpan dalam chip yang sudah tertanam sejak dicetak dari sononya.

Berbeda dengan Kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri), E-Money tidak memiliki batas pemakaian  (masa expired). Selain itu, tidak ada biaya bulanan yang ditarik oleh pihak Bank penyedia jasa E-Money. Persis seperti dompet bukan. Namun bila diisi penuh batas maksimalnya hanya sampai 10 juta, tidak sebagaimana ATM yang bisa menyimpan tabungan hingga miliaran.

Tidak diisi pun, pemilik kartu E-Money tidak akan dikenai biaya sebaimana ATM. Meski begitu, fungsi kartu E-Money KTA tetap bisa dipakai sebagai identitas (id-card) personal. Ansor Ngabul mencukupkan cetak KTA E-Money hanya dengan satu sisi saja, bagian depan yang berfungsi sebagai tanda pengenal.

Manfaat E-Money, antara lain untuk: 


  1. Pembayaran Tol (Jabodetabek, Bandung, Medan, Palikanci, Semarang, Bali, Surabaya, Makassar)
  2. Pembayaran parkir dan TPE (Terminal Parkir Elektronik)
  3. Pembayaran kereta (Commuterline, Railink Kualanamu)
  4. Pembayaran Transjakarta, Transjogja, Batik Solo Trans
  5. Belanja toko retail Indomaret
  6. Belanja toko retail Alfamart
  7. Belanja toko retail Alfamidi
  8. Belanja toko retail Lawson
  9. Belanja toko retail Superindo
  10. Belanja toko retail Circle-K
  11. Belanja toko retail 7-Eleven
  12. Belanja toko retail Hypermart
cara membuat e money mandiri

Cara mengisi saldo E-Money, pemilik KTA Ansor Ngabul bisa menggunakan mesin ATM, mendatangi toko retail, atau datang tempat lain yang bisa menerima isi saldo E-Money. Jadi, dengan E-Money, semua transaksi instan yang dibutuhkan segera bisa dilakukan dengan cara mudah berbasis elektronik.

Namun, karena fungsinya tidak seperti ATM, kehilangan atas kartu tersebut tidak bisa dimintakan ganti ke pihak Bank penyedia jasa. Pemilik harus membuat lagi seperti baru (like new). Murah, hanya Rp. 20.000,- (Bank Mandiri Jepara). Jika meminta sekalian diisi saldo, pemilik harus menambah biaya isi tentunya. Tidak ada tambahan diluar nomimal angka saldo yang dipinta ke Bank.

Jika order ke toko online yang menyediakan jasa cetak custom E-Money, biayanya bisa variasi antara 70 ribu hingga 150 ribu per pcs. Baca: Cetak KTA Berbasis E-Money Mandiri, Ansor Ngabul Muter-Muter ke Digital Printing.

Berikut adalah 40 anggota Ansor-Banser Ngabul yang datanya sudah dikirim ke redaksi Ansorngabul.or.id pada Sabtu, 22 September 2018. Ada yang sudah menerima langsung KTA E-Money nya, dan ada pula yang belum karena masih proses cetak. (ansorngabul.or.id - ab)

 

TerPopuler