Perdana: NU Ngabul Gelar Halaqah Maudluiyyah Bertema Ramadhan
Cari Judul Esai

Advertisement

Perdana: NU Ngabul Gelar Halaqah Maudluiyyah Bertema Ramadhan

Ansor Ngabul
Selasa, 29 Maret 2022

lbm nu ngabul dan tahunan jepara menggelar bahtsu
Kiai Amiruddin (memegang mic), Ketua LBM PCNU Jepara saat menyampaikan sambutan dalam Halaqah Maudluiyyah di Gedung NU Ngabul, Senin (28 Maret 2022) siang. Foto: Redaksi.


Ansorngabul.or.id - Menjawab masalah seputar Ramadhan, PRNU Ngabul Tahunan Jepara menggelar halaqah bertema "All About Ramadhan" di Gedung NU Ngabul, Senin Pon (28/03/2022) siang. 


Seluruh nadhir mushalla dan masjid di lingkungan Ngabul diundang dalam Halaqah Maudluiyyah Fiqhiyyah perdana tersebut. Ada 17 pertanyaan seputar puasa, tarawih dan zakat dari nadhir yang siap dijawab dalam forum tersebut. 


"Nadhir adalah ujung tombak dan ujung tombok masyarakat, yang memiliki tugas menyampaikan jawaban masalah keagamaan dan lainnya ke masyarakat," ungkap Ketua NU Ngabul, Kiai Nur Halim, dalam sambutannya di acara. 


Menurutnya, kalau masalah fiqih yang terjadi di masyarakat sudah dirumuskan dalam halaqah, nadhir mushalla dan masjid akan terbantu menjawab atas masalah yang sudah berjalan di masyarakat. 


"Bukan hanya soal Ramadhan, ada hal lain tidak masalah, yang bila belum terjawab insyaAllah akan dijawab di sesi halaqah berikutnya," tambahnya. Baca: Baca: Kiai Ali Masykur: NU Ngabul Harus Meramaikan Masjid.


Menggandeng Santri

Ketua LBM NU Jepara, Kiai Amiruddin mengapresiasi giat NU Ranting Ngabul tersebut. Dalam sambutannya, ia bahkan mengajak para nadhir untuk menggandeng santri dan alumni pesantren untuk ikut dalam kegiatan terkait masalah hukum keagamaan seperti di Halaqah Maudluiyyah NU Ranting Ngabul ini. 


"Monggo dipun gerakkan giat bahtsu nya. Sehingga jadi sebuah rujukan jawaban terkait masalah hukum keagamaan dari masyarakat sekitarnya," tutur Kiai Amiruddin. 


Selain dari LBM PCNU Jepara, hadir pula jajaran Syuriah NU Ngabul, LBM MWC NU Tahunan, yang diwakili oleh Ustadz Imran dan Ustadz Susanto. 


Sebagai mujawib (penjawab) awal adalah Ustadz Atho', Ustadz Fathur Rohman dan Ustadz Choirur Rohim. Semuanya adalah dari tim LBM NU Ranting Ngabul. Baca: LazisNU Ngabul Serahkan Bantuan Rumah Roboh.


Hingga selesai pukul 16.45 WIB, forum berhasil menjawab 11 as'ilah (pertanyaan) dari para nadhir mushalla/masjid. Adapun enam as'ilah berikutnya akan dijawab dalam forum lain seperti Lailtul Ijtima' atau halaqah berikutnya. (ansorngabul.or.id - ab)